Warisan Belanda dalam Batik Kompeni

Corak dan motif batik kompeni lebih berani. Motifnya juga berbeda dengan batik Malang atau Jogjakarta.Lucu dan unik. Mungkin itu tanggapan Anda saat melihat motif batik kompeni. Batik yang berasal dari Cirebon ini memang memiliki corak berbeda dari batik pada umumnya.

Ciri khas batik kompeni bergambar kegiatan sehari-hari. Seperti berbaris, melamar, bekerja, atau berdagang. “Batik ini eksklusif, karena merupakan batik tulis yang hanya diciptakan pada satu pakaian,” kata Wahyu Prasetyo, sales promo tion boy salah satu rumah batik di Malang.

Dia menunjukkan salah satu kain yang bergambar kompeni dan senapan. “Lihat kan, gambarnya di tiap baju berbeda. Walau gambarnya sama, tapi ada yang motifnya miring dan lurus,” tambah Wahyu.

Menurutnya, motif itu dulunya diciptakan oleh pengusaha Belanda di Cirebon saat jaman penjajahan dulu. Karena itu akhirnya disebut batik kompeni. Variasi batik kompeni sekarang makin beragam, muncul gam bar transportasi, biota laut, dan komunikasi.

Batik Cirebon dikenal lebih berani bermain motif dan warna. Antara warna dasar dan motif sangat mencolok. Berbeda dengan batik Malang yang cenderung me makai warna gelap serta terdapat gambar bunga di dalamnya. (vic/nen/radarmalang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: