Agus Sunyoto: Kucilkan Koruptor di Kasta Terbawah

INDONESIA sebagai sebuah negara berbudaya dan berdaulat dianggap hampir mencapai takdir bubar. Maraknya kejahatan, koruptor, dan merosotnya moral generasi muda menjadi salah satu indikasi penanda akan hancur. Pendapat itu diutarakan budayawan Malang Agus Sunyoto saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan di aula Pascasarjana UIN Malang, Senin (7/5).

Menurut Agus, revolusi perlu dilakukan sebagai satusatunya cara untuk menyembuhkan Indonesia dari para koruptor dan penjahat. Revolusi itu dapat dilakukan dengan cara kembali menerapkan sistem kasta seperti zaman dulu terhadap seluruh lapisan orang di negara ini. Pengkastaan itu, lanjut Agus, merupakan sebuah kearifan lokal budaya bangsa yang telah lama hilang akibat penjajahan Barat atas pemikiran bangsa Indonesia. “Penerapan kembali sistem kasta seperti saat zaman nenek moyang perlu dilakukan lagi agar negeri ini tidak bubar,” ujar dia. Sistem kasta itu didasarkan dari keterikatan masing-masing orang kepada kepentingan duniawi.

Kasta-kasta tersebut secara berurutan terdiri atas brahmana (orang yang terbebas dari kepentingan duniawi, konsentrasi mengurus kepentingan masyarakat), ksatria (para pejabat negara yang masih menikmati fasilitas negara tapi hartanya digunakan untuk kepentingan negara), waisya (para petani dan buruh tani), sudra (para pengusaha, pedagang, renternir, tuan tanah). Di bawah itu, ada candala (orang yang hidupnya berkaitan dengan kematian seperti jagal, pemburu, algojo kematian) serta tucah (orang yang sangat gila duniawi, menghalalkan segala cara untuk mengambil harta orang lain, koruptor). “Pengastaan ini perlu diterapkan lagi untuk mengucilkan para koruptor itu,” tandasnya. (ziq/yn/radarmalang)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: