Pasangan Kar-Sa Dinyatakan Menang oleh KPUD, Quick-count Salah, LSI Kalah, Rakyat Cuek

Suasana Surabaya jadi sepi dan menegangkan selama prosesi penghitungan rekap manual oleh KPUD Jatim. Jalan raya Darmo ditutup untuk menghindari masuknya para pendukung kedua kandidat cagub yang berbuat anarkis (detik Surabaya)

Suasana Surabaya jadi sepi dan menegangkan selama prosesi penghitungan rekap manual oleh KPUD Jatim. Jalan raya Darmo ditutup untuk menghindari masuknya para pendukung kedua kandidat cagub yang berbuat anarkis (detik Surabaya)

Menurut hasil Rekap manual yang dilakukan KPUD Jatim di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya yang diumumkan pada jam 15.30 WIB pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Kar-Sa) memenangkan Pilgub Jatim. KPUD akhirnya menetapkan pasangan KarSa sebagai pemenang dengan selisih angka dari pasangan kaJi sebanyak 60.223 suara

Pasangan Kar-Sa yang diusung koalisi PAN, PD dan PKS berhasil unggul di 22 kabupaten, dengan perolehan suara sebanyak 7.729.944 atau 50,20 persen.

Sedangkan rivalnya pasangan Khofifah-Mudjiono (Ka-Ji) mendapatkan suara sebanyak 7.669.721 atau 49,80 persen dan unggul di 16 kabupaten di Jawa Timur.

Begitulah berita dari Detik Surabaya yang adi sumber kehebohan hari ini.
Pastinya koran yg terbit besok akan dipenuhi dengan berita ini dan pro-kontra dari berbagai pihak.

Yang menarik, sinyalemen akan kurang tajamnya perangkat quick-count untuk memprediksi selisih kemenangan di bawah 1% memang jadi benar-benar terbukti dalam kasus Pilgub Jatim Putaran II.

“`Quick count` memang benar kami lakukan tetapi untuk kasus di Jatim kami tidak bisa memastikan siapa Gubernur Jatim terpilih berdasarkan hasil `quick count` tersebut,” ujar Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI), Dr. Saiful Mujani pada Sabtu (8/11) lalu.

Hasil penghitungan cepat yang dilakukan LSI menunjukkan bahwa perolehan suara pasangan Ka-Ji (50,44 persen) tidak berbeda signifikan dengan perolehan suara pasangan Karsa (49,56 persen). Perbedaan di dalam “margin of error” lebih kurang dua persen menurut LSI.

Sementara itu quick-count yang dilakukan PKS agak kurang ditengok orang, karena ditengarai agak tendensius dengan hasil pilkada. Menurut sumber itu perolehan suara Ka-Ji 46,5 %, dan Kar-Sa 53,5 %.

Sedangkan Versi Lembaga Survei Nasional (LSN) Ka-Ji unggul dengan 50,71 %, dan meraih Kar-Sa 49,29 % suara.

Dua berbanding satu lembaga survey punya hasil quick-count yang memenangkan Ka-Ji. Dan keberadaan quick-count kemudian juga dituding jadi sumber baru ketegangan politik.

Wajar kalau kemudian “pasangan unggulan” quick-count tak bisa langsung menerima manakala KPUD menyatakan Kar-Sa menang dalam Pilgub Jatim Putaran II ini. Bahkan jauh-jauh hari terdengan “instruksi” dari pihak Ka-Ji untuk “mengamankan” hasil pilkada.

Berusaha bijak menghadapi situasi yang kurang mengenakkan ini, phak Kar-Sa agaknya juga berhati-hati mengekspresikan kegembiraannya saat dinyatakan sebagai pemenang.

Bagi kebanyakan orang (subyektif nih) mungkin sudah tak terlalu mempermasalahkan siapa pemenangnya. Toh kedua-nya sama-sama NU-nya, dan berlatar-belakang budaya pesantren yang kuat. Toh semuanya sudah memilih, dan teriasa dengan menang dan kalah dalam demokrasi.

1 Response so far »

  1. 1

    Admin; said,

    Selamat untuk siapapun yang menjadi pemenang dalam PILKADA JATIM, untuk pemerintah memberlakukan pelarangan terhadap LSI maupun lembaga sejenis yang melakukan Quick Count, supaya tidak menjadi masalah dikemudian hari. Peristiwa PILKADA MALUT sudah menjadi salah satu contoh yang kurang baik.

    Kesadaran & kedewasaan berpolitik juga perlu dikembangkan bagi para kandidat-kandidat dimana pun berada, supaya jangan menyesengsarakan masyarakat nantinya.


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: