Salurkan Produk Usaha Binaan, Unitri Buka Mini Market Uni3mart

Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Universitas Tribhuwana Tunggadewi (Unitri) kini memiliki mini market. Namanya Uni3mart. Mini market itu tak seperti mini market pada umumnya. Walau isi toko tak jauh beda, namun sebenarnya punya nilai beda. Sebab, produk yang dipajang dan dijual adalah produk dari berbagai usaha binaan Forum Komunikasi Konsultasi (FKK) Unitri.

Menurut Ketua FKK, Ir Widowati MS, FKK ini adalah kerja sama Unitri dengan Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti Depdiknas Jakarta. “FKK ini beranggotakan mitra-mitra yang mempunyai problem dengan usahanya, misalnya masalah teknologi, penjualan hingga pemasaran,” ungkapnya.

Menurutnya, di showroom yang berada di kawasan ruko Tlogomas itu tidak hanya memamerkan produk buatan mahasiswa saja. Tapi juga dari beberapa mitra binaan FKK. Karena forum ini berfungsi sebagai mediator yang memfasilitasi, mendekatkan diri dengan masyarakat.
Tugasnya mengenali apa yang menjadi kebutuhan dan mengurangi beban itu. Saat ini sudah ada 21 mitra yang bergabung, dan masih akan terus dikembangkan jumlah keanggotannya.

Alumnus Universitas Brawijaya (UB) Malang ini menuturkan, Uni3mart dibuka pada 2 Agustus lalu pada saat peringatan Dies Natalis Unitri ke VIII. Showroom tersebut berfungsi untuk memfasilitasi kegiatan FKK mulai dari problem produksi hingga pemasarannya.

Contoh industri yang sudah bergabung adalah usaha produksi keripik miler. Keripik ini biasanya diproduksi begitu saja oleh industri kecil. Dengan bantuan FKK, miler bisa diproduksi lebih istimewa dan dikemas cantik. Sehingga nilai jual nya pun bertambah.

Kontribusi yang diberikan untuk produsen mainan edukatif misalnya, FKK membantu merumuskan pengembangan modelnya dan juga teknologi barunya. Begitu pun dengan jenis usaha lainnya, yang terus diupayakan pengembangannya. “Di showroom ini lantai satu menjadi toko, dan lantai dua menjadi ruangan konsultasi,” tambahnya.

Khusus dari mahasiswa, beberapa produk yang sudah dipajang yaitu sabun cair, pembersih lantai, dan juga pupuk organik. Melalui keberadaan Uni3mart ini diharapkan mahasiswa bisa berlatih kewirausahaan sesungguhnya. (oci/udi/mpost)

About these ads

8 Tanggapan so far »

  1. 1

    Agus Suhanto said,

    salam, sy Agus Suhanto, tulisan yang oke :) … salam kenal yaa

  2. 2

    oliva said,

    saya sangat mendukung kalau unitri uda ada usaha memiliki mini market.tingkatkan terus yach kawan – kawan dari unitri. kalau bisa jangan hanya keripik tapi bisa usaha prodak prodak lain juga yang….salam…

  3. 3

    asun said,

    UNITRI semakin maju…(bangga)

  4. 4

    siti markoya said,

    unitRi……….?
    apa menarikny y……..

  5. 5

    mahmudi said,

    benar’ tag adda yg menarik…..

  6. 6

    hidayat said,

    alalilu mahasiswanay hitam2…
    hitam pekat
    hitam blukbuk
    org mana saja y….
    ambhUng sekali

  7. 7

    dila said,

    sukses bwat yu nitri

  8. 8

    aku said,

    ma’ e pabherseee


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: